Mengenal Bisnis Online



Mengenal Bisnis Online - Masih bingung dengan bisnis online ?  Bisnis online merupakan segala jenis kegiatan bisnis atau usaha yang dilakukan secara online (melalui internet).  Semua pelaku usaha yang sebagian kegiatan atau aktivitasnya ataupun semua bisnisnya yang dilakukan melalui internet, dapat dikatakan mereka menjalankan bisnis online.  Kegiatan bisnis online ini bisa meliputi kegiatan promosi online, jual beli online, ataupun menyediakan jasa secara online dan banyak jenis bisnis lainnya yang dapat kita temukan di internet di berbagai bidang industri.
Intinya, bila Anda memiliki suatu ide usaha atau bisnis maupun produk yang unik, Anda bisa langsung memulai menjualnya lewat internet.  Artinya, bahwa semua orang bisa saja memulai bisnis online.  Dan kalau saya boleh bilang, sebenarnya ini sama halnya seperti kita melakukan transaksi jual beli secara nyata atau tradisional, namun kantor atau toko Anda berada di online dengan sebuah  website atau blog, jadi nantinya kita juga harus dapat memutuskan mau dibikin seperti apa tampilan website bisnis kita ke depannya.
Jenis Bisnis Online
Kegiatan bisnis online ini bisa diwujudkan dalam berbagai macam jenis (wujud tampilan di internet).  Antara lain berbentuk :
1.      Website
2.      Toko online atau marketplace
3.      Blog
4.      Akun sosial media
Manfaat dan Tantangan Bisnis Online
Potensi bisnis online saat ini memang menggiurkan, akan tetapi  proses dan tantangan yang harus kita hadapi pun bukan sesuatu yang ringan.  Ada beberapa hal yang bisa kita pertimbangkan saat  hendak memulai bisnis online atau mengonlinekan bisnis yang sudah ada, terutama sekali jika Anda bukan seseorang yang familiar dengan komputer, atau bahkan belum pernah sama sekali membangun bisnis sebelumnya.
Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan diantaranya yakni :
1.      Hemat biaya sewa tempat dan karyawan
2.      Produknya fleksibel, bisa banyak macam
3.      Kemudahan akses lewat internet, kapan saja dan dari mana saja, 24 jam 7 hari seminggu
Walaupun begitu, ada beberapa tantangan yang harus kita hadapi saat kita mulai membangun bisnis online ini, antara lain:
1.      Membutuhkan kemampuan teknis mengenai website dan internet
2.      Pengeluaran biaya untuk gadget, perangkat komputer, dan software pendukung
3.      Resiko penipuan online
Pahami Teknologi
Memahami tentang cara atau teknis menggunakan komputer dan beberapa software pendukungnya, serta cara memanfaatkan internet dengan baik dan benar, akan sangat membantu kita dalam menjalankan bisnis online.
Jangan berkecil hati dan merasa minder jika Anda merasa kurang memahami teknologi, di dunia maya sana banyak sekali informasi tentang kursus atau bimbingan belajar yang bisa kita dapatkan untuk mendukung upaya kita  supaya lebih memahami tentang hal seperti ini.
Yang penting tetap belajar dan tetap berusaha.
Nah, saya rasa kurang lebih seperti itu gambaran singkat tentang pengertian bisnis online. Bila dirasa masih kurang, silahkan Anda kembangkan sendiri pemahaman mengenai hal ini dengan mencari bermacam sumber informasi yang banyak sekali ada di internet …